Community Development MMSA

Desember 9, 2017 oleh : superadmin-medicine

MMSA (Muhammadiyah Medical Students’ Activities) menyelenggarakan kegiatan MMSA for SDGs yang diintegrasikan dengan konsep MMSA on Patella (Perilaku Hidup Bersih dan Penyakit Tidak Menular) yang akan berlangsung mulai dari bulan Februari 2017 sampai dengan Juni 2017 di Desa Binaan dan salah satu SD di Padukuhan Sengon Karang, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan di Desa Binaan antara lain Opening Ceremony, Medspot, Penelitian dan pengolahan data, Senam, dan Closing Ceremony. Kegiatan pertama Community Development yaitu Opening Ceremony dilaksanakan Jumat, 10 Maret 2017. Kegiatan dimulai dengan sholat Isya berjamaah, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Dukuh Sengon Karang, sambutan Pembina MMSA, dan sambutan Ketua MMSA, dilanjutkan dengan pengajian oleh dosen agama di FKIK UMY, Ustadz Miftah. Acara diakhiri dengan perkenalan Community Development oleh Wilda Fadhilah kepada warga Padukuhan Sengon Karang.

Kegiatan kedua dilaksanakan pada Minggu, 19 Maret 2017. Kegiatan dimulai dengan pengambilan data primer Diabetes Mellitus oleh RSD MMSA. Data primer didapatkan dari pengisian kuesioner oleh warga yang mengikuti kegiatan ini. Setelah dilakukan pengambilan data primer, kegiatan dilanjukan dengan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Medspot PHCO. Kegiatan ini berupa pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol, dan kadar asam urat.

Setelah kegiatan Medspot, warga mengikuti penyuluhan Demam Berdarah dan BPJS yang disampaikan oleh dr. Fryzka, salah satu alumni Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan warga untuk mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah dan memahami BPJS.

Kegiatan ketiga Community Development yaitu penyuluhan PHBS bersama RPCO di SD Gunung Mulyo Padukuhan Sengon Karang. Kegiatan hari pertama yaitu mengajarkan siswa kelas 2 cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut rekomendasi WHO dan praktik langsung di luar kelas.

Kegiatan keempat Community Development dilaksanakan pada Minggu 21 Mei 2017 di Mesjid Al-Akrom. Kegiatan dimulai dengan penyuluhan diabetes mellitus yang disampaikan oleh salah satu dosen Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dr. Iman Permana, Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Medspot oleh PHCO. Kegiatan ini diikuti oleh warga Padukuhan Sengon Karang dan kader lansia.