Indonesian Medical Physiology Olympiad (IMPhO) 2018 adalah satu-satunya olimpiade fisiologi kedokteran yang diselenggarakan di Indonesia. Mengingat pentingnya ilmu fisiologi bagi mahasiswa kedokteran untuk dapat mengenal lebih dalam proses normal yang terjadi dalam tubuh manusia sebelum proses patologisnya agar mahasiswa kedokteran dapat menjadi dokter berkualitas yang mampu memberikan pelayanan pada pasien secara komprehensif dan holistic care.

Pada tahun ini, IMPhO diselenggarakan pada 20-21 April 2018, di Universitas Airlangga, Surabaya. IMPhO diikuti oleh 31 tim dari berbagai fakultas kedokteran di seluruh Indonesia diantaranya, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Lambung Mangkurat, dan lain sebagainya. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sendiri mengirimkan 1 tim yang beranggotakan 3 delegasi untuk mewakili dalam ajang perlombaan bidang fisiologi tersebut. Tiga nama tersebut adalah, Bhimo Aji Herwono, Alya Nur Prawoto, dan Wingga Chrisna Aji.

Delegasi UMY berangkat dari Yogyakarta pukul 10.00 dan tiba di Surabaya pukul 16.00. Rangkaian acara pada hari Jumat, 20 April 2018, dimulai dari tes tertulis pada jam hingga 10.00 WIB di FK Unair A. Kemudian dilanjutkan dengan istirahat, sholat, dan makan siang di Masjid Unair C. Acara selanjutnya adalah City Tour di Museum Tugu Pahlawan dan pada hari Jumat tersebut diakhiri dengan Gala Dinner di Hotel Harris. Hari berikutnya adalah pengumuman Quarter Final, Semifinal, dan babak Final. Delegasi tim dari UMY berhasil lolos di Quarter Final namun belum berkesempatan untuk lolos ke tahap selanjutnya.

Gambar 1 Dosen Pendamping Delegasi masing-masing Perguruan Tinggi

Gambar 2 Suasana Pengumuman Delegasi Universitas Yang Lolos ke Babak Selanjutnya, Delegasi UMY berhasil masuk ke babak kuarter final.