Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai salah satu Prodi Unggulan di UMY berhasil menerima sebanyak 150 mahasiswa baru untuk periode Tahun Ajaran 2018/2019. Rangkaian Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru telah selesai dilaksanakan, untuk itu sebagai agenda rutin setiap tahunnya dilaksankaan agenda silahturahmi pertemuan orang tua /wali mahasiswa baru.

Agenda pertemuan orang tua wali sebagai ajang silahturahmi di kampus tercinta FKIK UMY telah dilaksanakan dengan sukses pada Sabtu, 25 Agustus 2018. Dalam acara ini kurang lebih 116 orang tua mahasiswa dapat hadir. Acara ini berlangsung dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.45 WIB dengan suasana hangat dan penuh kebersamaan antara orang tua dan pihak pimpinan Fakultas dan Prodi Sarjana Kedokteran. Acara didahului dengan sambutan pimpinan Wakil Dekan FKIK UMY, dr. Dirwan Suryo Soularto, Sp.F., M.Kes dan dilanjutkan dengan pemaparan kebijakan umum, akademik dan non akademik oleh jajaran pimpinan Prodi Sarjana Kedokteran dan Profesi Kedokteran, dr. Siti Aminah TSE, Sp.KK., M.Kes dan dr. Ana Majdawati, M.Kes., Sp.Rad(K).

Menurut penuturan salah satu orang tua mahasiswa, ia bersyukur dengan keberhasilan sang anak yang bisa lolos menjadi mahasiswa kedokteran UMY. Walaupun sebenarnya anaknya juga diterima di salah satu universitas swasta di Yogyakarta, namun ia yakin dan mantap untuk mendukung anaknya mejatuhkan pilihannya di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Lain halnya dengan penuturan orang tua lainnya yang juga sangat bersyukur dengan lolosnya sang anak, tanpa diduga oleh nya karena ia bukan dari kalangan orang tua yang berlebih namun sang anak pun diterima di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Dengan mantap ia akan mendukung sang anak, bismillah ujarnya. Pada Intinya, para orang tua memberi kepercayaan kepada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY sebagai wahana pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak mereka.

Di ujung acara, orang tua diperkenalkan dengan masing-masing Dosen Pembimbing Akademik (DPA) oleh PJ DPA, dr. Warih Andan P, Sp.Kj., M.Kes. Dengan pertemuan ini, diharapkan komunikasi antara DPA dengan orang tua dapat menjadi salah satu sarana untuk mengawal dengan optimal perjalanan proses akademik di tahap sarjana kedokteran.

Gambar 1. Suasana pertemuan orang tua mahasiswa baru dengan jajaran pimpinan Prodi Sarjana dan Profesi Kedokteran