Medical Djogja Scientific Competition (MEDJONSON) adalah program kerja tahunan dari Medical Research and Science Club (MARS) UMY. Tahun 2018 ini merupakan tahun ke-5 MEDJONSON ikut berkiprah dalam dunia keilmiahan di ranah Universitas Kedokteran dan Kesehatan di Indonesia sebagai ajang lomba ilmiah yang bergengsi. MEDJONSON 2018 ini mengangkat tema Non Communicable Diseases (NCDs) dengan tema yaitu “Spread our Awereness, Build Up Defenses” dan diikuti oleh 33 Universitas yang memiliki jurusan kesehatan yang berbeda dan tersebar dari berbagai pulau di Indonesia . Adapun kompetisi yang diperlombakan ada 3 cabang, yakni: Literature Review & Poster Ilmiah, Poster Publik dan Video Edukasi. Acara puncak MEDJONSON 2018 diselenggarakan pada tanggal 4, 5, 6 Mei 2018, diantaranya diawali penyambutan finalis-finalis lomba MEDJONSON. Dari 33 Universitas yang mengikuti lomba bergengsi ini, ada 16 Universitas yang berhasil menjadi delegasi finalis MEDJONSON 2018 diantaranya UGM,UI,UNAIR, Udayana, UB dan UNS.

Gambar 1 dr. Muhammad Kurniawan, M.Sc selaku Asisten Wakil Dekan II Bagian Aset Keuangan SDM dan Kemahasiswaan memukul gong yang menandakan rangkaian acara puncak MEDJONSON 2018 resmi dimulai.

Selanjutnya presentasi karya lomba oleh para finalis MEDJONSON 2018. Presentasi karyanya diselenggarakan di Gedung FKIK UMY. Para finalis tampak dengan mantap mempresentasikan karya terbaik mereka.

 Gambar 2 Suasana Presentasi Karya Video Edukasi

Di hari terakhir MEDJONSON 2018 ini, diselenggarakan acara seminar dan closing ceremony. Seminar MEDJONSON 2018 ini bertajuk “Hypertension: A Simple Measure to Save Lives – Commemorating World Hypertension Day on May 17th”. Seminar ini dimoderatori oleh dr. Mahendro Prasetyo, MM dan pematerinya dr. Agus Widyatmoko, Sp.PD, M.Sc & dr. April Imam Prabowo, DTM&H, MFM (Clin).

 Gambar 3 Suasana pemaparan pemateri pertama Seminar yakni dr. Agus Widyatmoko, Sp.PD, M.Sc

  Gambar 4 Penyerahan plakat dan sertifikat oleh Irving Burham Sulistya selaku Ketua MARS

 Gambar 5 . dr. Muhammad Kurniawan, M.Sc selaku Asisten Wakil Dekan II Bagian Aset Keuangan SDM dan Kemahasiswaan memberikan sambutan pada acara Closing Ceremony Medjonson 2018

Pada kesempatan ini, UMY mengirimkan Delegasinya dalam lomba poster publik yaitu Nabila Najma Izdihar dan berhasil meraih juara harapan 1. Semoga kedepannya, dalam periode selanjutnya delegasi prodi kedokteran UMY dapat meraih peringkat yang jauh lebih baik.