Sejarah

Persyarikatan Muhammadiyah yang berkhidmat dalam dakwah di bidang pendidikan dan kesehatan, membutuhkan tenaga kesehatan, terutama dokter untuk menggerakkan lembaga pelayanan kesehatan yang tersebar di seluruh Nusantara. Oleh karena itu bulan Maret tahun 1993, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendirikan Fakultas Kedokteran UMY untuk mendidik calon dokter. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan tenaga kesehatan lain di masyarakat, maka berdiri Program Studi Ilmu Keperawatan tahun 2000, Kedokteran Gigi tahun 2002 dan Farmasi tahun 2010. Dengan beragamnya Prodi yang dimiliki, maka Fakultas Kedokteran UMY beralih nama menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan program pendidikan Kedokteran menjadi Prodi dibawah FKIK UMY pada tahun 2010.

Pada tahun 2002 Program Pendidikan Kedokteran FK UMY telah terakreditasi oleh BAN PT Dikti Depdiknas dengan Klasifikasi Akreditasi B. Tahun 2015 kembali meraih akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri untuk Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Berdasarkan hasil akreditasi terkini tersebut, Program Studi Kedokteran (Sarjana) memiliki Klasifikasi Akreditasi B, sedangkan Program Studi Profesi Dokter (Pascasarjana) memiliki Klasifikasi Akreditasi A.

Berbagai program hibah yang sangat membantu perkembangan FK maupun FKIK UMY adalah Program Hibah Kompetisi A2 dari Dikti, Hibah K1 Inherent untuk pengembangan teknologi informasi dan Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK PKPD) tahun 2011-2013 yang diperoleh dari World Bank-DIKTI.