UMY Ambil Sumpah 162 Dokter Baru

Oktober 17, 2018 oleh : superadmin-medicine

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY) Program Studi Profesi Dokter menggelar acara pelantikan dan pengambilan Sumpah Dokter LIX di Sportorium UMY, Selasa 16 Oktober 2018. Sebanyak 162 dokter baru tersebut telah selesai mengikuti berbagai tahapan pendidikan profesi dokter dan lulus dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD).
Acara Sumpah Dokter ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik UMY Dr. Ir. Sukamta, MT.,IPM, Dekan FKIK UMY Dr. dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes, Kaprodi Profesi Dokter FKIK UMY dr. Ana Majdawati, M.Kes, Sp.Rad (K), Ketua BHP2A Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dr. Joko Murdiyanto, Sp. An., MPH, Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Chairil Anwar serta perwakilan Rumah Sakit jejaring dan Puskesmas yang bekerja sama dengan FKIK UMY dan orang tua para dokter baru.
Wakil Rektor I Bidang Akademik UMY Dr. Ir. Sukamta, MT.,IPM mengucapkan syukur dan merasakan bahagia atas perjuangan dokter baru yang berhasil melalui perjalanan yang panjang untuk mencapai ini semua. Dr. Ir. Sukamta, MT.,IPM berpesan bahwa seorang dokter merupakan profesi yang mulia baik di hadapan masyarakat maupun Allah SWT. Oleh karena itu perlakukanlah pasien saudara-saudari seperti saudara ingin diperlakukan dan tetap menjunjung tinggi profesionalisme.
Sebagai Dekan FKIK Dr. dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes juga mengucapkan syukur dan turut menyatakan kebahagiaannya atas keberhasilan para dokter baru, dan berharap para dokter baru lulusan FKIK UMY ketika bertugas di masyarakat bisa membawa ciri institusi yang profesional dan islami. Dr. dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes juga berpesan dalam menjalankan profesi dokter bekerjalah dengan memperhatikan kode etik kedokteran, prosedur dan komunikasi yang baik dengan pasien, keluarga dan masyarakat. Untuk bisa memberikan pelayanan yang berkualitas selalu update ilmu dan ketrampilan anda dengan mengikuti berbagai kegiatan ilmiah dan ingat anda dididik selama ini agar menjadi seorang life long learner atau pembelajaran sepanjang hayat.
Ketua panitia sumpah dokter, dr. Rijal Malauna Haqim menjelaskan bahwa pelantikan dokter baru FKIK UMY periode LIX kali ini mengambil tema “The longest Battle”, yang menggambarkan perjuangan kami untuk menjadi seorang dokter lebih kurang 6 tahun berproses. Kami tumbuh, belajar, jatuh, berjuang dan memenangkan perjuangan itu. dr. Rijal juga berpesan bahwa saat menjalani sumpah dan menjadi seorang dokter bukan sebuah akhir, namun sebuah awal fase kehidupan baru bagi kami untuk dapat bermanfaat bagi orang lain, Imbuhnya.